Best Blogger Tips
Cara Buat Buku Tamu disini

widget by Klinik-it

30 November 2012

Surat At-Tin Penjabarannya

Surat At-Tin Penjabarannya


·        Pendahuluan :
Surah At-Tin (Arab: التِّينِ , "Buah Tin") adalah surah ke-95 dalam al-Qur'an. Surah ini terdiri atas 8 ayat dan termasuk golongan surah Makkiyah. Surah ini diturunkan setelah surah Al-Buruj. Nama At-Tin diambil dari kata At-Tin yang terdapat pada ayat pertama surah ini yang artinya buah Tin.
Ringkasan Isi Surat At-Tin :
Surah at-Tin diawali dengan sumpah Allah yang menyebut buah Tin, buah Zaitun, Gunung Sinai, dan Mekkah (ayat 1 hingga 4). Ayat berikutnya menjelaskan bahwa manusia diciptakan dalam bentuk yang sebaik-baiknya. Walau begitu, manusia pada akhirnya akan dikembalikan ke tempat yang paling rendah atau paling hina jika tidak menjalankan perintah Allah. Orang yang akan selamat dari kehinaan adalah orang yang beriman dan beramal shaleh dan mereka akan mendapatkan pahala yang terus-menerus. Ayat ke-7 menjelaskan Muhammad adalah utusan Allah, yang ajarannya tidak boleh didustakan. Ayat terakhir menyatakan bahwa Allah adalah "Hakim Yang Paling Adil"
·        Menjelaskan tentang Surat At-Tin ayat 2!
1.       Bunyi Surat At-Tin ayat 2  :
                             ¡وَطُورِسِينِينَ
2.      Tajwid dalam surat At-Tin ayat 2 :
a.     Mad ‘Arid Lisukun :       سِينِينَ
b.     Mad Tabi’I           :         وَطُورِ
3.      Artinya :     Demi Gunug Sinai
4.     Penjelasan :
a.     Tafsir :
Dengan ayat ini Allah memperingatkan kepada manusia akan suatu kejahatan dan tanda kebesaran-Nya yang disaksikan oleh Nabi Musa A.S. dan kaum beliau ketika Dia menurunkan Kitab Taurat kepadanya yang menarik manusia dari kegelapan syirik kepada nur tauhid sesudah segenap pelosok bumi dikotori oleh kekafiran. Sesudah nabi Musa A.S. meninggal, para nabi dan kaum mereka masing-masing berpegang kepada syariat Nabi Musa, kemudian syariat Musa ini mengalami perubahan dan penggantian sehingga datanglah Nabi Isa membersihkan kembali syariat Nabi Musa itu. Sesudah itu terjadi pula perselisihan antara kaum Nabi Isa dalam agama mereka sebagaimana yang terjadi pada umat-umat Nabi sebelum mereka, sehingga Allah berkenan melindungi manusia dengan mengutus Nabi Muhammad SAW. yang ditegaskan dengan firman-Nya berikut ini.
b.     Penjelasan ayat :
Ayat ke-2 dari Surat At-Tin mempunyai hubungan yang erat dengan ayat pertama dan ayat ke-3.
Ayat pertama mempunya arti : “Demi Tin dan Zaitun”. Sehingga ada ahli tafsir yang menyebutkan bahwa Tin adalah sejenis buah yang terdapat di Timur Tengah. Sedangkan Zaitun diartikan sebagai nama buah dan banyak tumbuh di sekitar laut tengah. Zaitun dinamai Al –Quran sebagai syajarah mubaarakah (tumbuhan yang banyak manfaatnya) (QS. An-Nur 24:335)
Tidak semua ahli tafsir berpendapat bahwa yang dimaksud Tin dan Zaitun adalah nama buah. Ada juga yang berpendapat bahwa ini adalah nama bukit tempat nabi Ibrahim AS menerima wahyu, sedangkan Zaitun adalah nama bukit di daerah Yerusalem tempat Nabi Isa menerima Wahyu. Jadi, Tin dan Zitun adalah dua tempat yang dianggap bersejarah, karena di tempt itulah Nabi Ibrahim AS dan Nabi Isa AS menerima wahyu.
Kedua pendapat tersebut sama-sama memiliki alasan yang kuat. Namun, kalau kita cermati konteks ayatnya, kelihatannya pendapat terakhir lebih logis karena pada ayat berikutnya, yaitu ayat kedua dan ketiga, Allah SWT. Berfirman tentang bukit Sinai dan Kota Mekah. Hampir seluruh ahli tafsir sependapat kalau yang dimaksud Thuur Shinin pada ayat tersebut adalah bukit Tursina atau lebih dikenal dengan nama bukit Sinai, yaitu bukit yang berada di Palestina, sementara yang dimaksud Baladil Amiin adalah kota Makkah.
 Dengan empat ayat di depan, Allah SWT bersumpah dengan empat tempat penting, yaitu Tin, Zaitun, Tursina, dan Balaadil Amin (kota Mekkah). Di mana pada empat tempat tersebut Nabi Ibahim, Musa , Isa, dan Muhammad menerima wahyu untuk memberikan bimbingan dan pencerahan hidup pada umat manusia. Bimbingan yang diberikan para Nabi dan Rasul ditujukan untuk menjaga manusia agar tetap berada dalam kemuliaannya, karena manusia adalah makhluk yang diciptakan Allah SWT.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

1 komentar:

Surat At-Tin Penjabarannya ~ B@Gus Comunity ™ >>>>> Download Now

>>>>> Download Full

Surat At-Tin Penjabarannya ~ B@Gus Comunity ™ >>>>> Download LINK

>>>>> Download Now

Surat At-Tin Penjabarannya ~ B@Gus Comunity ™ >>>>> Download Full

>>>>> Download LINK kr

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman